Faktor pendukung guru-guru dalam mewujudkan
kinerjanya yang profesional.
Faktor yang dapat mendukunga guru dalam
mewujudkan kinerjanya sebagai guru yang profesional ada dua faktor yaitu
internal dan eksternal.
Faktor internal : tingkat pendidikan guru, Kepribadian dan Dedikasi, Kemampuan
Mengajar, Kedisiplinan.
1. Tingkat pendidikan guru
Dalam mejalankan
profesinya sebagai guru yang profesional, seorang guru harus memiliki tingkat
pendidikan yang tinggi, tidak hanya sampai di sekolah menengah saja, namun
harus sampai sarjana. Sehingga dalam mewujudkan kinerja yang profesional
sebagai seorang guru dapat berjalan dengan maksimal. Seorang guru yang
memilikitingkat pendidikan yang tinggi telah mendapatkan banyak pengetahuan
yang luas dan bahkan keterampilan sehingga besar kemungkinan seorang guru akan
dapat memberikan hasil yang maksimal dalam melaksanakan tugasnya.
2. Kepribadian dan dedikasi
Kepribadian adalah
salah satu faktor yang sangat penting dalam mewujudkan kinerja yang profesional
karena dalam kepribadian seorang guru akan tercermin bagaimana dia akan
mengajarkan siswa-siswanya, sehingga kepribadian baik akan di jadikan sebagai panutan
oleh anak murid dan bahkan guru-guru yang lainnya.
Kemudian dedikasi
juga tidak dapat dipisahkan dari kepribadian seorang gur, apabila guru tersebut
telah memiliki kepribadian yang baik maka otomatis dia juga akan berdedikasi
terhadap profesinya sebagai guru dan dengan begitu guru-guru yang lain pun ikut
termotivasi dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik yang akan
menciptakan generasi yang berjiwa pancasila.
3. Kemampuan mengajar
Kemampuan mengajar
sangat penting dalam mewujudkan kinerja yang profesional karena bagaimana
tidak, apabila seorang guru tidak dapat mengajar dengan baik, bagaimana
pelajaran yang akan disampaikan dapat diterima oleh anak didiknya. Seorang guru
juga harus dapat mengembangkan isi
kurukulum agar dapat berjalan dengan maksimal, jika dengan tanpa kemampuan
mengajar seorang guru bagaikan burunga tanpa sayap yang ingin terbang tinggi
namun tidak bisa karena tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya.Oleh karena
itu kemampuan mengajar sangatlah penting.
4. Kedisiplinan
Sebagai seorang guru yang
akan mengajarkan tentang kedisiplinan kepada anak muridnya, seorang guru juga
harus terlebih dahulu memiliki sikap tersebut karena sikap kedisiplinan
tersebut tidak bisa dibuat-buat dengan sengaja namun harus telah terlatih sejak
lama, sehingga ketika mengajar guru tersebut telah memiliki sikap tersebut.
Kedisiplinan sangat penting karena kedisiplinan
yang baik ditunjukan guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya akan
memperlancar pekerjaan guru dan memberikan perubahan dalam kinerja guru ke arah
yang lebih baik dan dapat dipertanggung jawabkan.
Faktor eksternal : Sarana dan Prasarana, Jaminan Kesejahteraan, Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Hubungan dengan Masyarakat.
1.
Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasana
juga faktor pendukung yang sangat penting dalam mewujudkan kinerja profesional
karena sarana dan prasarana yang ada di sekolah akan dapat menunjang proses
pembelajaran menjadi lebih efektif dengan sarana dan prasarana yang baik dan
memadai.
2.
Jaminan
kesejahteraan
Jaminan kesejahteraan
kepada guru akan membuat guru tetap semangat dalam mencapai tujuannya yaitu
memiliki kinerja yang profesional karena dengan kinerja profesionalnya tersebut
akan memberikannya jaminan kesejahteraan seperti sertifikasi guru yang di berikan
kepada guru-guru yang telah profesional dalam bidang pendidikan, sehingga guru
bersama-sama memiliki motivasi untuk terus meningkatkan mutudan kinerjanya
dalam mengajar.
3.
Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah
Guru dan kepala
sekolah memiliki keterkaitan yang tak dapat di pisahkan karena mereka berada
pada satu organisasi yaitu sekolah tempat mereka melaksanakan tugasnya. Dimana
kepala sekolah yang memiliki management yang baik dalam pengawasan terhadap
guru-guru yang ada dalam sekolah tersebut akan membuat kinerja guru menjadi
tetap teratur tidak naik-turun sehingga hasil yang diinginkan dapat dicapai
dengan meksimal.
4. Hubungan dengan masyarakat
Masyarakat sebagai
relasi dalam menciptakan pendidikan yang baik memiliki peran yang penting juga
dalam membantu guru meningkatkan kinerjanya yang profesional karena dimana
masyarakatlah yeng menyebabkan pendidikan itu ada disana, karena masyarakat
sangat membutuhkannya dalam memenuhui kebutuhan pendidikan sehingga hubungan
yang baik dengan mesyarakat sangat diperlukan, sehingga guru akan mendapatkan
kepercayaan dari masyarakat bahwa dia telah memiliki kinerja profesional yang
patut diberikan kepercayaan dalam mendidik anak-anak mereka.
Faktor penghambat guru-guru dalam mewujudkan
kinerjanya yang profesional
Faktor
penghambat guru dalam mewujudkan kinerjanya ada 2 yaitu faktor internal dan
eksternal. Faktor internal yaitu berasal dari dari guru itu sendiri seperti
kurangnya rasa motivasi dalam mengajar sehingga kinerja yang dihasilkan pun
menjadi kurang, motivasi yang tidak ada menyebabkan guru menjadi kurang
bersemangat dalam mengajar sehingga kurang efektif dalam proses mengajar. Dan
faktor eksternal yaitu berasal dari orangtua siswa atau lingkungan masyarakat,
yang artinya dukungan dari masyarakat akan dapat membantu guru dalam mewujudkan
kinerja yang profesional, seperti pada faktor peluang di atas. Apabila faktor
pendukung tersebut tidak dapat berjalan dengan baik maka itu lah yang akan
mejadi faktor penghambat. Begitupun
dengan pengawasan dari kepala sekolah yang tidak maksimal menyebabkan guru
lalai dlam menjaankan tugasnya.
Faktor peluang guru-guru dalam mewujudkan
kinerjanya yang profesional.
Adapun peluang yang dapat membuat guru dapat
mewujudkan kinerjanya yang profesional yaitu :
1. Semangat guru sangat penting dalam mewujudkan kinerjanya
yang profesional, apabila guru telah memiliki semangat untuk mewujudkannya maka
untuk dapat mewujudkan kinerja yang profesional dapat dilakukan dengan mudah.
2. Keinginan guru untuk dapat memiliki kinerja
yang profesional akan membuat semakin banyak peluang untuk dapat mewujudkan
keinginannya.
3. Peserta didik dapat mengikuti pembelajaran
dengan baik sehingga guru juga dapat memberikan ilmunya dengan maksimal dan
dapat dilihat kinerja yang baik.
4. Lingkungan sekolah yang mendukung seperti
mendapat dukungan dari kepala sekolah, rekan sesama guru dan peserta didiknya
akan membuat guru mendpatkan peluang lebih dalam mewujudkan keinginannya.
Fakt faktor tantangan guru-guru dalam mewujudkan
kinerjanya yang profesional.
Faktor-faktor
yang menjadi tantangan dalam mewujudkan kinerja yang profesional ada yang berasal dari dalam diri seorang guru seperti bagaiman dia dapat mengatur
dirinya sehingga dapat berkomitmen untuk dapat membuat dirinya memiliki kinerja
yang profesional seperti rasa malas, sikap profesional, tanggung jawab,
disiplin dll. Sedangkan faktor yang yang
bersala dari luar guru adalah bagaimana dia dapat bekerja sama dengan kepala
sekolah dan guru-guru dalam meningkatkan mutu pendidikan,bagaimana dia dapat
berinteraksi dengan peserta didik untuk dapat mengenal kerakter mereka yang
berasal dari latar belakang yang berbeda-beda dll.
Titanium Strength : Sports - Aetna Sports
BalasHapusFind our hypoallergenic titanium earrings best tips for your sports betting ceramic vs titanium flat iron today and start beating the odds! At Vitamins titanium white wheels & Strength, our premium product delivers the best ion chrome vs titanium in strength, aftershokz titanium