Sabtu, 04 Oktober 2014

Faktor pendukung, penghambat, peluang dan tantangan guru-guru dalam mewujudkan kinerjanya yang profesional.



   Faktor pendukung guru-guru dalam mewujudkan kinerjanya yang profesional.
Faktor yang dapat mendukunga guru dalam mewujudkan kinerjanya sebagai guru yang profesional ada dua faktor yaitu internal dan eksternal.
Faktor internal : tingkat pendidikan guru, Kepribadian dan Dedikasi, Kemampuan Mengajar, Kedisiplinan.
1.      Tingkat pendidikan guru
Dalam mejalankan profesinya sebagai guru yang profesional, seorang guru harus memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, tidak hanya sampai di sekolah menengah saja, namun harus sampai sarjana. Sehingga dalam mewujudkan kinerja yang profesional sebagai seorang guru dapat berjalan dengan maksimal. Seorang guru yang memilikitingkat pendidikan yang tinggi telah mendapatkan banyak pengetahuan yang luas dan bahkan keterampilan sehingga besar kemungkinan seorang guru akan dapat memberikan hasil yang maksimal dalam melaksanakan tugasnya.
2.      Kepribadian dan dedikasi
Kepribadian adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam mewujudkan kinerja yang profesional karena dalam kepribadian seorang guru akan tercermin bagaimana dia akan mengajarkan siswa-siswanya, sehingga kepribadian baik akan di jadikan sebagai panutan oleh anak murid dan bahkan guru-guru yang lainnya.
Kemudian dedikasi juga tidak dapat dipisahkan dari kepribadian seorang gur, apabila guru tersebut telah memiliki kepribadian yang baik maka otomatis dia juga akan berdedikasi terhadap profesinya sebagai guru dan dengan begitu guru-guru yang lain pun ikut termotivasi dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik yang akan menciptakan generasi yang berjiwa pancasila.
3.      Kemampuan mengajar
Kemampuan mengajar sangat penting dalam mewujudkan kinerja yang profesional karena bagaimana tidak, apabila seorang guru tidak dapat mengajar dengan baik, bagaimana pelajaran yang akan disampaikan dapat diterima oleh anak didiknya. Seorang guru juga harus dapat  mengembangkan isi kurukulum agar dapat berjalan dengan maksimal, jika dengan tanpa kemampuan mengajar seorang guru bagaikan burunga tanpa sayap yang ingin terbang tinggi namun tidak bisa karena tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya.Oleh karena itu kemampuan mengajar sangatlah penting.
4.      Kedisiplinan
Sebagai seorang guru yang akan mengajarkan tentang kedisiplinan kepada anak muridnya, seorang guru juga harus terlebih dahulu memiliki sikap tersebut karena sikap kedisiplinan tersebut tidak bisa dibuat-buat dengan sengaja namun harus telah terlatih sejak lama, sehingga ketika mengajar guru tersebut telah memiliki sikap tersebut. Kedisiplinan sangat penting karena kedisiplinan yang baik ditunjukan guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya akan memperlancar pekerjaan guru dan memberikan perubahan dalam kinerja guru ke arah yang lebih baik dan dapat dipertanggung jawabkan.
          Faktor eksternal : Sarana dan Prasarana, Jaminan Kesejahteraan, Kemampuan Manajerial Kepala   Sekolah, Hubungan dengan Masyarakat.
1.      Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasana juga faktor pendukung yang sangat penting dalam mewujudkan kinerja profesional karena sarana dan prasarana yang ada di sekolah akan dapat menunjang proses pembelajaran menjadi lebih efektif dengan sarana dan prasarana yang baik dan memadai.
2.      Jaminan kesejahteraan
Jaminan kesejahteraan kepada guru akan membuat guru tetap semangat dalam mencapai tujuannya yaitu memiliki kinerja yang profesional karena dengan kinerja profesionalnya tersebut akan memberikannya jaminan kesejahteraan seperti sertifikasi guru yang di berikan kepada guru-guru yang telah profesional dalam bidang pendidikan, sehingga guru bersama-sama memiliki motivasi untuk terus meningkatkan mutudan kinerjanya dalam mengajar.
3.      Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah
Guru dan kepala sekolah memiliki keterkaitan yang tak dapat di pisahkan karena mereka berada pada satu organisasi yaitu sekolah tempat mereka melaksanakan tugasnya. Dimana kepala sekolah yang memiliki management yang baik dalam pengawasan terhadap guru-guru yang ada dalam sekolah tersebut akan membuat kinerja guru menjadi tetap teratur tidak naik-turun sehingga hasil yang diinginkan dapat dicapai dengan meksimal.
4.      Hubungan dengan masyarakat
Masyarakat sebagai relasi dalam menciptakan pendidikan yang baik memiliki peran yang penting juga dalam membantu guru meningkatkan kinerjanya yang profesional karena dimana masyarakatlah yeng menyebabkan pendidikan itu ada disana, karena masyarakat sangat membutuhkannya dalam memenuhui kebutuhan pendidikan sehingga hubungan yang baik dengan mesyarakat sangat diperlukan, sehingga guru akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat bahwa dia telah memiliki kinerja profesional yang patut diberikan kepercayaan dalam mendidik anak-anak mereka.

Faktor penghambat guru-guru dalam mewujudkan kinerjanya yang profesional

 Faktor penghambat guru dalam mewujudkan kinerjanya ada 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu berasal dari dari guru itu sendiri seperti kurangnya rasa motivasi dalam mengajar sehingga kinerja yang dihasilkan pun menjadi kurang, motivasi yang tidak ada menyebabkan guru menjadi kurang bersemangat dalam mengajar sehingga kurang efektif dalam proses mengajar. Dan faktor eksternal yaitu berasal dari orangtua siswa atau lingkungan masyarakat, yang artinya dukungan dari masyarakat akan dapat membantu guru dalam mewujudkan kinerja yang profesional, seperti pada faktor peluang di atas. Apabila faktor pendukung tersebut tidak dapat berjalan dengan baik maka itu lah yang akan mejadi faktor penghambat.  Begitupun dengan pengawasan dari kepala sekolah yang tidak maksimal menyebabkan guru lalai dlam menjaankan tugasnya. 

         Faktor peluang guru-guru dalam mewujudkan kinerjanya yang profesional.
         Adapun peluang yang dapat membuat guru dapat mewujudkan kinerjanya yang profesional yaitu :
1.  Semangat guru sangat penting dalam mewujudkan kinerjanya yang profesional, apabila guru telah memiliki semangat untuk mewujudkannya maka untuk dapat mewujudkan kinerja yang profesional dapat dilakukan dengan mudah.
2.      Keinginan guru untuk dapat memiliki kinerja yang profesional akan membuat semakin banyak peluang untuk dapat mewujudkan keinginannya.
3.      Peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga guru juga dapat memberikan ilmunya dengan maksimal dan dapat dilihat kinerja yang baik.
4.    Lingkungan sekolah yang mendukung seperti mendapat dukungan dari kepala sekolah, rekan sesama guru dan peserta didiknya akan membuat guru mendpatkan peluang lebih dalam mewujudkan keinginannya.



Fakt            faktor tantangan guru-guru dalam mewujudkan kinerjanya yang profesional.
            Faktor-faktor yang menjadi tantangan dalam mewujudkan kinerja yang profesional ada yang berasal dari dalam diri seorang guru seperti bagaiman dia dapat mengatur dirinya sehingga dapat berkomitmen untuk dapat membuat dirinya memiliki kinerja yang profesional seperti rasa malas, sikap profesional, tanggung jawab, disiplin dll. Sedangkan faktor yang  yang bersala dari luar guru adalah bagaimana dia dapat bekerja sama dengan kepala sekolah dan guru-guru dalam meningkatkan mutu pendidikan,bagaimana dia dapat berinteraksi dengan peserta didik untuk dapat mengenal kerakter mereka yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda dll.

 


1 komentar:

  1. Titanium Strength : Sports - Aetna Sports
    Find our hypoallergenic titanium earrings best tips for your sports betting ceramic vs titanium flat iron today and start beating the odds! At Vitamins titanium white wheels & Strength, our premium product delivers the best ion chrome vs titanium in strength, aftershokz titanium

    BalasHapus